Digital Marketing
Hallo sobat kreatif, hari ini ada pembahasan yang menarik nih, dan juga tentunya sangat berguna dizaman saat ini. Sesuai dengan judul diatas, kali saya akan membahas tentang Digital Marketing. Apakah sebelumnya kalian tahu apa itu Digital Marketing?. Menurut definisi Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan. Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya. Bahkan saat ini pembuat konten atau Content creator adalah salah satu pekerjaan yang banyak dicari dan diminati di era digital dan milenial saat ini. Mengapa seperti itu? Dizaman saat ini masyarakat mengivestasikan waktunya lebih banyak pada gadget dan internet mau itu dilakukan di smartphone, laptop dan lain-lain. Dengan hal tersebut membuat masyarakat semakin sulit dipisahkan dengan teknologi, dan internet.
Seperti yang disebutkan diatas bahwasaanya
tujuan Digital Marketing
adalah untuk menarik konsumen ataupun calon konsumen dengan lebih cepat dah
bahkan dalam waktu real time yang merupakan salah satu keuntungan pada
digital marketing. Selain itu Digital Marketing dapat dengan mudah dipantau,
diorganisir dan dapat dengan mudah dikelola. Dengan cepatnya penyebaran
informasi yang terjadi di intenet dapat kita gunakan untuk hal lebih berguna
seperti Digital Marketing ini.
Selain itu Digital Marketing dapat
mengurangi biaya produksi dalam hal ini biaya pemasaran, dan pengiklanan yang
biasanya memiliki pengeluaran yang sangat besar, menurut data Biaya anggaran yang yang dihemat dapat sampai 40%, hal
tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report. Selain itu, survey
juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena
terbukti lebih efektif karena tidak memerlukan modal yang besar.
Terdapat banyak jenis-jenis yang dapat dilakukan untuk Digital Marketing,
contohnya seperti berikut ini:
Pertama:
Website, website biasanya digunakan oleh produsen untuk mengelola barang
dagangannya, dan juga biasanya digunakan untuk perantara pemesanan dikarenakan
caranya yang memudahkan konsumen, konsumen hanya perlu mengisi formulir dan
mengikuti langkah-langkahnya saja tanpa perlu menunggu balasan penjual yang
terkadang balasannya sangat lama.
Kedua: Sosial Media
Marketing, jenis Digital
Marketing ini yang saat ini
banyak dilakukan oleh produsen, mau dari perusahaan besar, maupun para umkm
kecil yang ingin memulai usaha. Sebelum berkembangnya dunia digital seperti
saat ini, mencari informasi tentang suatu produk atau layanan baru seperti UKM
tidaklah mudah. Informasi baru bisa didapatkan dari media cetak tertentu.
Bahkan tidak jarang, kita harus mendatangi pelaku bisnis yang ingin diketahui
secara langsung demi mendapatkan informasi yang lengkap.
Berbeda dengan saat ini, di mana teknologi sudah begitu
maju, ditambah sosial media yang semakin digemari, menjadikan proses
mendapatkan informasi jadi lebih praktis. Sekarang membutuhkan informasi apa
pun tinggal menggerakkan jari di layar ponsel atau berselancar di internet.
Oleh karena itu, alangkah baiknya jika para pelaku bisnis bisa memanfaatkan
media digital yang ada untuk melakukan promosi demi menjangkau semua pengguna
internet di manapun mereka berada.
Ketiga : Video
Marketing, jenis Digital Marketing ini sangat efesian dikarenakan
produsen dapat menjelaskan dengan detail produk yang dijual kepada konsumen dan
juga produsen atau pemasar dapat menginpit hal hal yang berkaitan dengan produk
seperti yang diinginkan, misalnya adalah testimoni yang didapatkan dari pembeli
sebelumnya, detail bentuk produk, dan lain sebagainya. Video marketing inipun
dapat digunakan untuk membangun kepercayaan konusumen terhadapt penjual dan
membentuk branding yang kuat,
Terakhir: Email
Marketing, jenis email ini biasanya dapat digunakan kepada konsumen atau
pelkanggan yang sudah berlangganan,
untuk memberitahukan adanya produk baru ataupun bagi konsumen yang ingin
melakukan pre order untuk memberitahukan kepada konsumen bahwasannya
produk yang ingin dibelinya sudah terdapat stoknya atau ready stock.
Bagaimana
menurut kalian setelah mengetahui jenis-jenis digital marketing yang
cukup banyak tersebut? Sebenarnya masih banyak jenis-jenis yang lain, tetapi
keenam diatas adalah jenis digital marketing yang saat ini banyak digunakan dan jua mudah
untuk digunakan. Sobat kreatif, dari keenam jenis diatas apa saja sih yang
kalian tahu dan sudah paham cara kerjanya?
Setelah
jenis digital marketing diatas,
apabila sobat kreatif ingin memulai bisnis dan ingin memasarkan bisnis sobat
dengan cara digital disini saya akan memberitahu sobat sekali apa saja sih langkah-langkah
yang harus sobat sekalian tempuh untuk memulai digital marketing ini,
berikut langkah-langkahnya:
1. Siapkan
peralatan yang ingin kalian gunakan untuk memulai digital marketing. Banyak
sekali alat bantu yang dapat kalian gunakan
misalnya website, akun media sosial, identitas brand dan produk,
unggahan blog,
jejak online
(review, feedback dari
pelanggan,dan lain-lain). hal ini sangatlah penting pada digital
marketing karena konsumen akan melihat hal ini pada pertama kali, dan ini dapat
digunakan untuk membentuk citra perusahaan atau bisnis anda
2. Siapkan konten yang menarik pelanggan untuk mengisi platform
diatas, konten yang menarik seperti pengambilan foto atau video yang bagus pun
sangat penting dalam menarik konsumen, dan jangan lupa untuk menentukan target
pasaran yang kalian tuju untuk membuat monten lebih tepat sasaran.
- Ketiga, Anda dapat memulai menggunggah dan
selanjutnya evaluasi setiap unggahan di setiap social media yang
dimiliki, tentukan mana yang memberikan feedback dan
fokuslah dalam beberapa aset yang memberikan feedback yang
baik bagi bisnis Anda.
- Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan
adalah masuk dan bergabunglah dengan forum marketplace public.
Usahakan profil bisnis Anda bagus, karena akan berpengaruh terhadap
citra brand.
Di era digital seperti
sekarang ini, bisnis yang tidak terlihat di portal internet tentu akan dicap
sebagai bisnis yang tertinggal. Tidak hanya menyulitkan produk untuk dijangkau
konsumen, melainkan bisnis kalian seolah-olah tidak memiliki kredibilitas yang
cukup baik di mata konsumen maupun pelanggan. Maka digital marketing sangat
penting untuk menjadikan bisnis yang dimiliki terlihat lebih profesional.
Bagaimana sobat kreatif, apakah kalian sudah siap memulai bisnis dan melakukan
promosi dengan cara digital marketing? Terlebih masa saat ini yang memaksa kita harus
tetap dirumah, tentunya membuat kita tidak bisa lepas dari smartphone dan
internet, dan hal ini pun membuat digital marketing terasa lebih
menguntungkan.
Dengan adanya artikel ini
semoga sobat kretif sekalian akan semakin semangat untuk memulai bisnis, sekian
artikel kali ini semoga dapat bermanfaat, sampai jupa di artikel lainnya!
Komentar