Digital Marketing

 


Hallo sobat kreatif, hari ini ada pembahasan yang menarik nih, dan juga tentunya sangat berguna dizaman saat ini. Sesuai dengan judul diatas, kali saya akan membahas tentang Digital  Marketing. Apakah sebelumnya kalian tahu apa itu Digital  Marketing?. Menurut definisi Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan. Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya. Bahkan saat ini pembuat konten atau Content creator  adalah salah satu pekerjaan yang banyak dicari dan diminati di era digital dan milenial saat ini. Mengapa seperti itu? Dizaman saat ini masyarakat mengivestasikan waktunya lebih banyak pada gadget  dan internet mau itu dilakukan di smartphone, laptop dan lain-lain. Dengan hal tersebut membuat masyarakat semakin sulit dipisahkan dengan teknologi, dan internet.

Seperti yang disebutkan diatas bahwasaanya tujuan Digital  Marketing adalah untuk menarik konsumen ataupun calon konsumen dengan lebih cepat dah bahkan dalam waktu real time yang merupakan salah satu keuntungan pada digital marketing. Selain itu Digital  Marketing dapat dengan mudah dipantau, diorganisir dan dapat dengan mudah dikelola. Dengan cepatnya penyebaran informasi yang terjadi di intenet dapat kita gunakan untuk hal lebih berguna seperti Digital  Marketing ini. Selain itu Digital  Marketing dapat mengurangi biaya produksi dalam hal ini biaya pemasaran, dan pengiklanan yang biasanya memiliki pengeluaran yang sangat besar, menurut data Biaya anggaran yang yang dihemat dapat sampai 40%, hal tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report. Selain itu, survey juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif karena tidak memerlukan modal yang besar.

Terdapat banyak jenis-jenis yang dapat dilakukan untuk Digital  Marketing, contohnya seperti berikut ini:

Pertama: Website, website biasanya digunakan oleh produsen untuk mengelola barang dagangannya, dan juga biasanya digunakan untuk perantara pemesanan dikarenakan caranya yang memudahkan konsumen, konsumen hanya perlu mengisi formulir dan mengikuti langkah-langkahnya saja tanpa perlu menunggu balasan penjual yang terkadang balasannya sangat lama.

Kedua: Sosial Media Marketing, jenis Digital  Marketing  ini yang saat ini banyak dilakukan oleh produsen, mau dari perusahaan besar, maupun para umkm kecil yang ingin memulai usaha. Sebelum berkembangnya dunia digital seperti saat ini, mencari informasi tentang suatu produk atau layanan baru seperti UKM tidaklah mudah. Informasi baru bisa didapatkan dari media cetak tertentu. Bahkan tidak jarang, kita harus mendatangi pelaku bisnis yang ingin diketahui secara langsung demi mendapatkan informasi yang lengkap. 

 

Berbeda dengan saat ini, di mana teknologi sudah begitu maju, ditambah sosial media yang semakin digemari, menjadikan proses mendapatkan informasi jadi lebih praktis. Sekarang membutuhkan informasi apa pun tinggal menggerakkan jari di layar ponsel atau berselancar di internet. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika para pelaku bisnis bisa memanfaatkan media digital yang ada untuk melakukan promosi demi menjangkau semua pengguna internet di manapun mereka berada. 

            Ketiga : Video Marketing, jenis Digital Marketing ini sangat efesian dikarenakan produsen dapat menjelaskan dengan detail produk yang dijual kepada konsumen dan juga produsen atau pemasar dapat menginpit hal hal yang berkaitan dengan produk seperti yang diinginkan, misalnya adalah testimoni yang didapatkan dari pembeli sebelumnya, detail bentuk produk, dan lain sebagainya. Video marketing inipun dapat digunakan untuk membangun kepercayaan konusumen terhadapt penjual dan membentuk branding yang kuat,

            Terakhir: Email Marketing, jenis email ini biasanya dapat digunakan kepada konsumen atau pelkanggan yang sudah  berlangganan, untuk memberitahukan adanya produk baru ataupun bagi konsumen yang ingin melakukan pre order untuk memberitahukan kepada konsumen bahwasannya produk yang ingin dibelinya sudah terdapat stoknya atau ready stock.

 

            Bagaimana menurut kalian setelah mengetahui jenis-jenis digital marketing yang cukup banyak tersebut? Sebenarnya masih banyak jenis-jenis yang lain, tetapi keenam diatas adalah jenis digital marketing  yang saat ini banyak digunakan dan jua mudah untuk digunakan. Sobat kreatif, dari keenam jenis diatas apa saja sih yang kalian tahu dan sudah paham cara kerjanya?

 

            Setelah jenis digital marketing  diatas, apabila sobat kreatif ingin memulai bisnis dan ingin memasarkan bisnis sobat dengan cara digital disini saya akan memberitahu sobat sekali apa saja sih langkah-langkah yang harus sobat sekalian tempuh untuk memulai digital marketing ini, berikut langkah-langkahnya:

 

1.    Siapkan peralatan yang ingin kalian gunakan untuk memulai digital marketing. Banyak sekali alat bantu yang dapat kalian gunakan  misalnya website, akun media sosial, identitas brand dan produk, unggahan blog, jejak online  (reviewfeedback dari pelanggan,dan lain-lain). hal ini sangatlah penting pada digital marketing karena konsumen akan melihat hal ini pada pertama kali, dan ini dapat digunakan untuk membentuk citra perusahaan atau bisnis anda

2.    Siapkan konten yang menarik pelanggan untuk mengisi platform diatas, konten yang menarik seperti pengambilan foto atau video yang bagus pun sangat penting dalam menarik konsumen, dan jangan lupa untuk menentukan target pasaran yang kalian tuju untuk membuat monten lebih tepat sasaran.

  1. Ketiga, Anda dapat memulai menggunggah dan selanjutnya evaluasi setiap unggahan di setiap social media yang dimiliki, tentukan mana yang memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa aset yang memberikan feedback yang baik bagi bisnis Anda.
  2. Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah masuk dan bergabunglah dengan forum marketplace public. Usahakan profil bisnis Anda bagus, karena akan berpengaruh terhadap citra brand.

Di era digital seperti sekarang ini, bisnis yang tidak terlihat di portal internet tentu akan dicap sebagai bisnis yang tertinggal. Tidak hanya menyulitkan produk untuk dijangkau konsumen, melainkan bisnis kalian seolah-olah tidak memiliki kredibilitas yang cukup baik di mata konsumen maupun pelanggan. Maka digital marketing sangat penting untuk menjadikan bisnis yang dimiliki terlihat lebih profesional. Bagaimana sobat kreatif, apakah kalian sudah siap memulai bisnis dan melakukan promosi dengan cara digital marketing?  Terlebih masa saat ini yang memaksa kita harus tetap dirumah, tentunya membuat kita tidak bisa lepas dari smartphone dan internet, dan hal ini pun membuat digital marketing terasa lebih menguntungkan.

Dengan adanya artikel ini semoga sobat kretif sekalian akan semakin semangat untuk memulai bisnis, sekian artikel kali ini semoga dapat bermanfaat, sampai jupa di artikel lainnya!

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semakin Pesatnya Wirausaha Digital

Kesehatan Mental Pelajar Ditengah Pandemi