Semakin Pesatnya Wirausaha Digital
Hallo sobat kreatif ,
selamat datang kembali diblog ini, kali ini saya akan membahas tentang Kewiraushaan
Digital. Apa kalian merasa asing dengan kata wirausaha digital? Kewirausahaan Digital atau
Technopreneurship merupakan istilah dari pemanfaatan teknologi pada kegiatan
berwirausaha. Pemanfaatan teknologi dalam hal ini dipahami mulai dari proses
produksi (dengan mesin dan teknologi terbaru) hingga pemasaran (memanfaatkan
media sosial, platform online, aplikasi, dan lain-lain). Istilah lain
yang lebih umum digunakan oleh generasi millennial adalah Startup atau bisnis
pemula. Startup pada dasarnya adalah aktivitas sebuah perintisan bisnis yang
memiliki model bisnis yang terencana dan memanfaatkan teknologi dalam bentuk
platform data atau aplikasi. Apabila sobat kreatif masih belum paham, coba deh
tonton drama korea yang berjudul “Start Up”, didrama tersebut dijelaskan
tentang dunia bisnis digital dengan perumpamaan-perumpamaan yang mudah dipahami
sekalipun bagi orang awam.
Menurut penelitian yang
dilakukan pada tahun 2015 terdapat 4 faktor untuk mengetahui apakah bisnis
digital sampai di Indonesia dan memiliki hasil bahwa adanya peningkatan dari
semua faktor-faktor tersebut dari tahun ke tahun. Selain ke 4 faktor tersebut
terdapat juga faktor harga kuota internet, segi penggunaan, dan
kualitas-kualitas start up yang
dari tahun ketahun meningkat. Dengan kata ini saya menyimpulkan bahwa Bisnis Digital
sampai dan terlaksana di Indonesia.
Tentunya setiap inidividu memiliki hak untuk membuka
bisnisnya sendiri, ditambah dengan adanya kemajuan teknologi yang terjadi
sangat cepat ini membuat bisnis lebih mudah untuk dimulai, dengan kekuatan
media social dapat mempermudah dalam hal pemasaran, dan dengan adanya teknologi
saat ini bahkan untuk membeli atau menjual sesuatu dapat dilakukan hanya
dirumah saja. Ditengah pandemi seperti ini yang membataskan ruang gerak kita
tentunya hal ini sangat menguntungkan.
Tidak hanya itu,
teknologi juga dapat membantu melakukan penyebaran Sumber Daya Alam dan
penentuan cuaca dengan sensor-sensor tersebut. Hal yang di perbincangkan adalah
bagaimana sensor-sensor ini sangat membantu dalam segala ospek kehidupan.
Seperti didalam pemasaran sensor-sensor ini telah banyak digunakan sebagai
iklan yang akan sangat membantu para pelanggannya untuk memengetahui produk
tersebut lebih detail tanpa perlu repot, menurut saya selain dengan contoh yang
di berikan, saat ini kita juga sudah dapat melakukan dekorasi rumah hanya
dengan sensor-sensor yang dipindai dari gawai ke rumah kita, mulai dari
pemilihan cat untuk tembok, bahkan untuk pemilihan furniture pun dapat
dilakukan ditambah lagi apabila kita merasa cocok dengan furniture tersebut
kitapun bisa dapat langsung membelinya secara online. Tentunya hal ini
sangat menguntungkan, terlebih apabila kita lihat bagaimana luasnya geografi Indonesia,
kemodernan saat ini sangat membantu untuk menjangkau setiap daerah di
Indonesia.
Tentunya
mungkin bukan hal yang mudah untuk memulai dan menjalankan usaha digital,
banyaknya saingan diluar sana dengan harga-harga dan kualitas yang hamper sama,
dan juga apabila sobat kreatif sekalian memiliki pekerjaan atau kegiatan tetap
seperti kuliah atau sekolah, tentunya sobat kreatif harus dapat membagi waktu
dengan imbang, agar tidak terjadi kekacauan diantara salah satunya, bahkan
lebih buruknya kekacauan pada dua-duanya.
Dari
hal tersebut maka muncul lah indikator-indikator bisnis yang dapat dilakukan
apabila ingin mencapai kesuksesan, berikut adalah indikatornya:
Pertama, Target Finansial : Bagaimana para
pengusaha mendapatkan pelanggan baru, setelahnya bagaimana pelanggan loyal
terhadap pengusaha. Hal ini bisa dilakukan dengan cara pelaku usaha memberikan
diskon atau hadiah bonus kepada pelanggan. Disamping segi pelanggan target
finansial juga merujuk kepada bagaimana produktifitas pengusaha. Untuk mencapai
target finansial ada hal-hal yang harus
dipenuhi, sebagai berikut:
1.
Kepuasan
pelanggan, bagaimana kita membuat pelanggan puas dan akhirnya akan terus datang
dan membeli lagi produk tersebut. Untuk mewujudkan hal ini kita diharuskan
memikirkan aspek seperti berapa harga produk untuk mendapatkan laba, kualitas produk, kuantitas produk, memiliki
banyak variasi, fungsi yang relevan, pelayanan terhadap konsumen, membentuk
mitra dengan pelanggan, dan terakhir citra produk.
2. Proses
Internal, standar operasional produk yang harus dimiliki perusahaan untuk
mencapai kepuasan pelanggan. Didalam proses internal selalu ada manajemen
operasional bagaimana perusahaan mengatur pasokan produk, memproduksi produk,
melakukan distribusi dan mengambil sebuah resiko. Setelahnya memiliki target
pasar atau pelanggan, bagaimana agar pelanggan selalu membeli produk secara
terus-menerus dan dalam prosus ini pula masyarakat atau pembeli akan selalu di
edukasi terhadap produk-produk yang dibeli. Setelahnya ada inovasi, bagaimana perusahaan
memiliki ide-ide baru untuk membuat bagaimana segala hal dijadikan peluang
untuk memaksimalkan modal dan
meminimalkan wasting. Terakhir perlu adanya regulasi social dengan
memikirkan lingkungan, keslamatan dan kesehatan untuk semua.
3.
Belajar
dan berkembang, untuk memiliki SOP yang berjalan baik, sebuah perusahaan harus
memiliki sumber daya manusia yang berkualitas untuk menciptakan SDM yang
berkualitas merekan diharuskan memiliki 2 hal didalam dirinya yaitu, kemampuan
dan kemauan. Organisasi yang terstruktur dan informasi yang dapat di
pertanggung jawabkan.
Kedua, Memiliki
Kompetensi berikut
adalah kompetensi yang diperlukan:
1. - Kemampuan
berkomunikasi : dalam menjadi seorang wirausaha kemampuan komunikasi adalah
suatu hal yang sangat penting. Wirausaha harus mencari investor dan pelanggan
dengan cara menjelaskan produk-produknya
2. - Kemampuan
Finansial : Mengatur alur kas dengan baik
3. - Kemampuan
membangun citra : wirausaha diharuskan memiliki merk.
4. - Kemampuan
marketing : bagaimana wirausaha memasrkan produk-produk agar masyarakat
mengetahui produk tersebut. Dizaman ini pemasaran online sangat mempermudah,
maka dari itu gunakanlah wadah yang sudah ada tersebut untuk melakukan
pemasaran
5. - Kemampuan membangun koneksi : hal ini dapat membantu wirausaha untuk memperluas dan memperkuat pondasi bisnis
6. - Kemampuan
automation : yaitu kemampuan untuk melukan berulang-ulang
7. - Kemampuan
Design : hal ini sangat penting karena desain produk akan membangun kesana
petama kepada konsumen
Nah sobat kreatif, gimana nih setelah membaca artikel diatas? Apakah kalian tertarik untuk memulai memasuki Bisnis Digital? Terutama bagi kalian yang tertarik dengan perkembangan teknologi yang sangat maju pesat ini. Teknologi tidaklah memiliki batas, tidak ada yang tahun kedepannya akan sampai mana teknologi akan bergerak maju, mungkin dalam beberapa warsa kedepan, sudah akan banyak mobil-mobil yang terbang diudara. Bisnis digital merupakan salah satu investasi yang sangat menguntungkan.
Komentar